ABS AntiLock Breake System
ABS
Sistem Sistem ini merupakan fitur keselamatan pada kendaraan untuk mempertahankan traksi ban terhadap jalan saat pengemudi melakukan pengereman, mencegah roda kendaraan agar tidak terkunci, dan menghindari laju kendaraan yang tak terkendali.
Lihat link berikut untuk perbedaan rem ABS dan Non ABS
https://www.youtube.com/watch?v=Z534tJcRPU0&t=183s
https://www.youtube.com/watch?v=dGDzv5xyQ2g
Sistem Sistem ini merupakan fitur keselamatan pada kendaraan untuk mempertahankan traksi ban terhadap jalan saat pengemudi melakukan pengereman, mencegah roda kendaraan agar tidak terkunci, dan menghindari laju kendaraan yang tak terkendali.
Rem ABS
sangat membantu saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau
saat hujan yang membuat jalan licin. Tentunya akan kesulitan dalam melakukan
pengereman mendadak dalam kondisi tersebut sehingga membuat roda menjadi
terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sistem anti-lock braking
inilah yang akan membantu dalam melakukan pengereman mendadak, dan membantu
dalam mengendalikan mobil jika anda mengerem mendadak.
Cara kerja:
- Sensor Kecepatan
Sensor kecepatan pada pengereman ABS berguna untuk membaca kecepatan putaran roda mobil selama berkendara. - Katup Pengereman
Pada jalur minyak rem terdapat sebuah katup pengereman, dan katup ini dikendalikan oleh kontroler ABS. Setidaknya ada 3 katup Rem di ABS. Katup pertama: Katup yang tidak tertutup, atau dalam kondisi terbuka penuh dapat meneruskan minyak rem tanpa hambatan ke rem secara langsung.Katup kedua: Bisa dikatakan bahwa katup kedua merupakan kebalikan dari katup yang pertama tadi. Di sini, katup akan menghalangi proses perpindahan minyak rem. Sehingga, walaupun pengemudi menekan rem mobil, tekanan tidak akan diteruskan menuju rem oleh sistem ABS.Katup ketiga: Hampir mirip dengan katup kedua, katup ketiga akan menghalangi sebagian minyak rem saat dialirkan menuju rem, sehingga tekanan yang diberikan berkurang menjadi setengahnya saja walaupun pengemudi menekan rem penuh. - Pompa Rem ABS
Pada Rem ini juga memiliki sebuah pompa yang berfungsi mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem. - Controller
Pada bagian ini, controller memainkan peranan penting sebagai pengendali katup dan juga untuk mengolah data dari sensor kecepatan yang ada disemua bagian roda kendaraan.
Lihat link berikut untuk perbedaan rem ABS dan Non ABS
https://www.youtube.com/watch?v=Z534tJcRPU0&t=183s
https://www.youtube.com/watch?v=dGDzv5xyQ2g
Komentar
Posting Komentar